Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) tak tanggung-tanggung dalam meningkatkan kualitas mahasiswanya. Pada Kamis 07 Oktober, mengadakan seminar prodi tentang tema-tema aktual dalam penelitian penerjemahan bahasa dan sastra arab. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi semester tujuh yang sedang dalam proses menyiapkan skripsinya.

Kegiatan yang diadakan di Aula Fakultas Adab dan Bahasa (FAB), meskipun kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB para mahasiswa terlihat antusias dalam mengikutinya. Hal ini terlihat dengan kedatangan mahasiswa yang tepat waktu dan juga banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri.

Seminar kali ini diisi oleh Muhammad Yunus Anis, SS., M.A yang merupakan salah satu dosen Sastra Arab Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Selain dengan mengajar di kampus dan mengisi seminar, beliau juga sering berbagi ilmu melalui channel Youtubenya yaitu, Muhammad Yunus Anis.

Kegiatan ini dimoderatori oleh salah satu dosen BSA UIN Raden Mas Said Surakarta, Rumpoko Setyo Jatmiko, S.S., M.A. Beliau merupakan dosen baru, yang mana juga mempunyai latar belakang pendidikan yang sama dengan narasumber. Keduanya menempuh S-1 dan S-2 di Universitas Gadjah Mada.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pilihan alternatif para mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya. Penelitian penerjemahan bahasa dan satra Arab merupakan peluang yang masih jarang diminati.

Dalam kegiatan ini ada salah satu pertanyaan yang menarik yang disampaikan oleh mahasiswi yang bernama Tutut. “ saya mengerjakan skripsi yang mana objeknya adalah subtitle dari Bahasa Jepang ke Bahasa Arab, apakah langsung memakai dua bahasa itu apakah diterjemahkan ke bahasa indonesia terlebih dahulu?” ujar mahasiswa yang juga mahir dalam berbahasa Jepang itu. Narasumber menjelaskan bahwa dalam teknik penerjemahan tidak boleh loncat. Ketika kita meneliti dari bahasa asing ke bahasa Arab, maka harus melalui proses ke bahasa Inodenesia terlebih dahulu.

Narasumber juga menjelaskan bahwa skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Seberapa bagusnya sebuah skripsi, jika belum selesai maka belum dikatakan skripsi. Rf