Sabtu (28/08) prodi bahasa dan sastra Arab IAIN Surakarta mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  di MTs Ma’arif Darul Hasan Polokarto dengan mengusung tema “Penguatan Kemampuan Membaca Karya Sastra Arab Bagi Siswa di MTs Ma’arif Sarul Hasan Polokarto Sukoharjo”. Kegiatan ini dihadiri oleh para siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 24 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para siswa Teknik membaca karya sastra Arab baik puisi maupun pidato.

Kegiatan dimulai dengan pemberian materi pengantar yaitu macam-macam karya sastra Arab. Setelah itu para siswa diberikan pengetahuan awal mengenai bahasa Arab lisan yaitu bagaimana berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan bahasa Arab. Materi-materi yang diberikan meliputi cara memperkenalkan diri, cara memperkenalkan orang lain, dan bagaimana memberikan salam kepada orang lain. Setelah penyampaian dari pemateri yaitu Muhammad Nur Kholis, siswa diminta untuk mempraktekkannya dalam ujaran langsung. Pemateri ikut mendampingi sampai para siswa bisa melakukan hal itu dengan baik dan benar.

Kemudian kegiatan berlanjut dengan fokus pada pelatihan berpidato dengan bahasa Arab atau yang dikenal dengan Khitobah Arobiyah. Tim PkM BSA yaitu Rumpoko Setyo Jatmiko, SS., M.A pada permulaan menjelaskan bagaimana cara memberikan penghormatan kepada dewan juri dan para hadirin dengan bahasa Arab. Kemudian menjelaskan bagaimana pembukaan pidato bahasa Arab yang baik dan benar. Setelah itu mendemonstrakikan cara berpidato yang baik dan benar. Setelah selesai para siswa diminta untuk Latihan membaca teks pidato sesuai dengan gaya yang telah dicontohkan sebelumnya.

Kemudian kegiatan terakhir adalah pelatihan pembacaan puisi Bahasa Arab. Kegiatan ini dipandu oleh tim PkM IAIN Surakarta. Pemateri menjelaskan langkah dan cara membaca puisi Arab dengan baik dan benar agar para siswa nantinya dapat mengikuti perlomabaan bahasa Arab secara kompetitif dan dapat bersaing dengan sekolah lain. Setelah pemateri menyampaikan materi disertai dengan demonstrasi, lalu pemateri meminta para siswa praktek membaca puisi. Hal ini untuk melihat bakat dan penyerapan siswa terhadap materi yang disampaikan oleh tim PkM. Kemudian kegiatan ditutup dengan doa penutup serta meminta feedback dari peserta dengan bertanya mengenai respon mereka terhadap kegiatan tersebut.