“Melukis Karya di Langit Sastra”

Kamis, 29 April 2021 Aula Fakultas Adab dan Bahasa diramaikan dengan penampilan dari mahasiswa BSA IAIN Surakarta. Walaupun pandemi masih menghantui, HMPS BSA berhasil mengadakan acara sesuai persyaratan dari Dekan Fakultas Adab dan Bahasa, yaitu mematuhi protokol Kesehatan dan menjaga keamanan, mengingat acara ini dilaksanakan sampai waktu berbuka puasa. HMPS BSA berhasil melaksanakan salah satu event tahunan yang akan disusul oleh event besar lainnya.

Pada panggung sastra kali ini, acara dibuka oleh Dekan Fakultas Adab dan Bahasa, Prof. Dr. Toto Suharto, M.Ag. Selain itu Wakil dekan II Dr. H. Muh. Fajar Shodiq, M. Ag, Kaprodi BSA H. Abdul Ghofur dan dosen-dosen BSA turut menghadiri kegiatan tersebut. Dalam sambutan Prof. Toto, beliau menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan ini bisa untuk mempersiapkan SDM unggul yang siap mewakili ajang kompetisi di luar kampus, beliau bersedia membantu dalam mendukung mahasiswa agar terus berkembang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam ruang terbatas. Dengan jumlah peserta hanya sekitar 60 orang, mengingat harus menjaga jarak. Antusias dari berbagai civitas akademik kampus juga terlihat dengan hadirnya delegasi dari beberapa HMPS dan delegasi dari SEMA fakultas serta DEMA fakultas. Bagi mahasiswa BSA dan peminat sastra lainnya bisa mengikuti melalui YouTube live streaming BSA. Dari pantauan panitia cukup besar penonton aktif dalam kegiatan panggung sastra (PASTA) secara daring, dan tak lupa dukungan dari dosen-dosen BSA yang turut menyaksikan via daring.

Ada 6 enam kategori karya sastra yang disajikan dalam acara ini ; Taqdimul Qishshoh, Khitobah, Syi’ir, Ghina Aroby, Hadroh, dan Short Movie. Kolaborasi dari tiga Angkatan program studi BSA mampu menggelegarkan panggung aula FAB sore itu. Walaupun persiapan cukup singkat, namun karya yang ditampilkan cukup hebat.

Tidak seperti PASTA tahun-tahun sebelumnya yang biasa menampilkan drama, kali ini diganti dengan Short movie melihat kondisi di era pandemi yang semuanya serba digital. Namun, tidak mengurangi keseruan dalam kegiatan ini. acara ini ditutup dengan kegiatan buka puasa dan foto bersama. Rf