“Karya akan tetap abadi walaupun pengarangnya telah lama pergi”

Sepatah, dua patah kata sambutan diucapkan oleh ketua prodi Bahasa dan Sastra Arab H. Abdul Ghofur, M.Ag. untuk membuka acara magang 1 yang diselenggrakan di Masjid Agung Kraton Surakarta bertempat di jalan Masjid besar No.1, Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kegiatan magang ini adalah salah satu kegiatan wajib untuk diselenggarakan segenap mahasiswa semester 6 BSA, Ketua Prodi H. Abdul Ghofur, M.Ag., dan Sekretaris prodi Muhammad Nur Kholis, M.Pd. agar memenuhi kurikulum yang ada seperti yang telah tertulis di buku panduan mahasiswa.

Pelaksanaan magang dimulai pada hari sabtu, 10 April 2021 pukul 13.30 dengan tema “Menelusuri dan Mengkaji Manuskrip di Perpustakaan masjid Agung Kraton Surakarta” yang diikuti oleh 31 mahasiswa BSA dan 2 dosen pembimbing magang, tentunya dengan memperhatikan prokes dari pemerintah.

Magang pada kali ini, para peserta menyambut dengan sangat antusias dan perhatian penuh. Terbukti dari jumlah peserta yang hadir, acara yang berjalan lancar, serta pertanyaan-pertanyaan yang berbobot kepada narasumber kali ini Ust. Muhtaram Al-Hafiz. Penjelasan beliau tentang sejarah berdirinya Masjid Agung Kraton sebagai pusat studi dan keilmuan Islam yang tertulis dalam manuskrip ataupun naskah kuno yang terdapat di perpustakaan Masjid Agung Kraton Surakarta. Selain itu narasumber juga menjelaskan suka duka bagaimana merawat naskah kuno dan manuskrip yang masih tersisa.

Dan acara diakhiri dengan pemilihan naskah kuno atau manuskrip yang akan dijadikan bahan kaji dan penelitian mahasiswa semester 6 dengan tujuan untuk melestarikan keilmuan ulama terdahulu dan peningkatan minat mahasiswa BSA untuk mengkaji dan meneliti lebih dalam tentang manuskrip atau naskah kuno sebagai penelitian akhir/skripsi.

Karya akan tumbuh dan hidup abadi

Dalam masa yang terus berlari

 

Meski sang penulis telah lama pergi

Huruf-huruf tetap tertulis dengan tinta suci

 

Kenangan ilmu takkan pernah mati

Dari awal generasi hingga ke generasi nanti

 

Dirawat dengan penuh keikhlasan hati

Diperhatikan dan dimanjakan seakan bayi

 

Mulailah diri kita untuk mengukir keabadian diri

Membagi manfaat dengan kemampuan yang dimiliki

 

Cobalah..

Untuk Membaca agar mengenal dan menulis agar dikenal (jf)