Al-Qur’an adalah perkataan Allah yang mustahil susah dipelajari.

Petikan kalimat yang disampaikan oleh Ustadz DR. Shofwan Anwar Abdur Rauf., Lc., M.A., dalam acara Pengabdian Kepada Masyarakat di PAUD IMTIYAZ tepatnya di Klegen RT/RW 05/08 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sebagaimana yang telah dimafhumi besama merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sudah seyogyanya menjadi agenda rutin dari setiap Dosen tanpa terkecuali dalam hal ini Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Bahasa IAIN Surakarta. Dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dimotori oleh H. Abdul Ghofur., M.Ag., DR. Shofwan Anwar Abdur Rauf, M.A, DR. Hj. Khairiyah, M.Hum, Abd. Faishol, M.Hum dan Syaifullah, M.Hum.

Pelaksaan Pengabdian Kepada Masyarakat dimulai sejak Sabtu pagi pukul 08.30 tanggal 10 April 2021 dengan tema PELATIHAN SENI MENULIS CEPAT HURUF ARAB BAGI GURU di PAUD IMTIYAZ KLEGEN MALANGJIWAN COLOMADU yang diikuti oleh Guru-guru PAUD disekitaran Colomadu. Sampai berita ini dirilis peserta telah mencapai 32 peserta dan tentu dengan tetap memperhatikan prokes.

Para peserta menyambut dengan sangat antusias acara ini. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kehadiran para peserta dan kesungguhan para peserta dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh Dosen-dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Misalnya ketika muncul pertanyaan tentang bagaimana mengajarkan kecintaan menulis Arab sejak dini pada sikecil. Menurut DR. Hj. Khairiyah yang mana salah satu Narasumber pada acara ini, kecintaan menulis Arab pada sikecil harus diawali dengan mendekatkan tulisan Arab dengan si kecil bisa lewat buku mewarnai, game, puzzle dan yang menarik minat sikecil. Selain itu, harus ada kesinambungan yang terus menerus meski hanya 15 menit dalam satu hari dalam mengenalkan dan melatih penulisan huruf Arab bagi sikecil.

Materi lainnya yang tidak kalah menariknya adalah tentang seni menulis Arab yang disampaikan oleh DR. Shofwan Anwar Abdur Rauf bahwa dalam mengajarkan menulis Arab itu sangatlah mudah dan cepat. Karena itu adalah janji Allah dan tidak mungkin Allah mengingkari janji-Nya. Lebih jauh, DR. Shofwan menyampaikan bahwa belajar menulis Arab bisa dengan mengenalkan 8 garis. Kalau sudah menguasai 8 garis tersebut tidak lebih dalam hitungan jam maka akan mampu menulis Arab. (Sy)